Sabtu, 21 Juli 2012

SUDAHKAH KAMU MENCAPAI PROFIL IMPIANMU ?!

ada seuatu di logo ini ====>>>>





Ayo apa kamu pernah berfikir tentang 'profil' seperti apa yang kamu impi-impikan? atau mungkin kamu belum tahu apa yang dimaksud dengan profil? oke, mungkin kalau sekarang kamu adalah seorang mahasiswa yang aktif dalam organisasi. Katakan saja mungkin kamu adalah seorang ketua bidang atau ketua umum di organisasi kampus kamu. Kemudian kamu mungkin di luar kampus adalah seorang model cover dan kamu juga seorang teman yang selalu asyik di ajak curhat dan sebaginya. Mungkin itu adalah salah satu bentuk profil impian kamu. Jadi ketika seseorang yang baru mengenal kamu dan tentunya dia akan merasa tertarik dengan kamu jika kamu memiliki profil yang menarik. 

Setiap orang pasti punya profil impiannya masing-masing. Itu semua adalah hasrat di dalam diri kita, yaitu kita ingin orang lain ketika mengenal kita seperti mengenal sosok/karakter yang luar biasa. profil sangat berbengaruh erat dengan bagaimana cara kita membangun dan mengembangkan karakter diri kita seperti yang kita inginkan atau sering juga disebut "Character Building". Hal pertama yang harus dimunculkan atau yang menjadi modal utama kita untuk dapat mengembangkan diri kita menuju profil impian adalah rasa "Kepercayaan Diri". Tanpa ada rasa percaya diri yang cukup kita sangat sulit untuk mengembangkan diri. Kita akan selalu merasa kucil dan tidak berani tampil. Selalu ada keraguan dalam hati bila ingin memulai atau melakukan sesuatu. Sehingga akibatnya kita tidak bisa meng-explore potensi yang ada di dalam diri kita untuk mencapai profil impian kita.




"Maukah kita selalu diselimuti rasa minder?"







Disini saya hanya ingin share pengalaman saja bagaimana saya bisa keluar dari rasa minder dan memiliki kepercayaan diri yang cukup untuk meng-explore potensi di dalam diri saya. Jujur sebenarnya saya dulunya adalah orang yang sangat tidak percaya diri. Saya selalu merasa minder dengan teman-teman saya. Akibatnya saya sedikit memiliki teman dan pergaulan saya pun sangat terbatas. Ketika disuruh ke depan saya tidak pernah berani dan selalu gemetaran bila berbicara dengan orang yang lebih hebat dari saya.

Darimana penyebab ketidakpercayaan diri

1. Penampilan Fisik
Yang saya rasakan dari pengalaman saya rasa kepercayaan diri itu pertama kali berasal dari penampilan fisik kita. Saya yang dahulunya ialah seorang anak yang gendut, berpakaian biasa saja dan merasa wajah saya biasa-biasa saja. Hal itu semua membuat saya tidak PD berbicara dengan orang, tampil untuk berbicara di depan, dan sebagainya.


2. Belum Tau Potensi Diri

Mungkin kalau zaman sekarang sudah banyak sekali test-test yang dilakukan untuk mengetahui potensi seorang anak sejak dini. Hal ini sangat bagus sekali untuk tumbuh kembang anak agar bisa lansung diarahkan sedini mungkin sesuai dengan potensi yang dimilikinya. berbeda dengan zaman saya kecil dulu dimana tidak ada test semacam ini sehingga saya telat mengetahui potensi diri saya. Potensi diri itu sama dengan jati diri, jadi sangat sulit sekali memang jika kita belum menemukan jati diri kita. Segala kegiatan kita bisa jadi sia-sia dan tidak bermanfaat karena kita tidak memiliki potensi pada hal tersebut.

3. Selalu Ingin Menjadi Orang Lain

Pernahkah kamu berfikir "wah enak ya jadi seperti dia, uda ganteng, pernah tinggal di luar negeri, pintar lagi" ? Iya,karena aku dulu sering berfikir seperti itu dan hal itu membuat kita semakin minder. Kita selalu beranggapan ingin seperti dia dan melupakan jati diri kita sesungguhnya.


4. Tidak Mensyukuri Diri Sendiri

Selalu ingin menjadi orang lain ialah wujud dari kita tidak mensyukuri apa yang telah diberikan Allah SWT kepada kita. Allah menciptakan manusia dengan segala kekurangan dan kelebihan. Apa yang kita anggap kelebihan orang lain bisa jadi ialah kekurangan kita, tapi pernahkah kamu sadar bahwa kelebihan kamu itu ialah kekurangan orang lain??


So,, How to Handle it????


First : Be Your Self

Menjadi diri sendiri itu sangat penting. Langkah awal yang perlu kamu lakukan ialah cintai diri kamu sendiri. Jangan pernah berfikir untuk ingin menjadi seperti orang lain, tapi berfikirlah orang lain lah yang ingin menjadi seperti diri kamu. Bagaimana pun keadaan, sifat dan segala keterbatasan  diri kamu, kamu harus tetap menjadi  diri kamu dan katakan pada semua orang bahwa ini lah dirimu. Walaupun kamu merasa memilki banyak kekurangan tetapi terus lah menjadi diri kamu yang sebenarnya. Karena jati diri itu sangatlah mahal harganya dan itu adalah anugrah Allah SWT yang wajib kamu syukuri.


Second : Yakinlah Bahwa Kamu itu Spesial

Kamu harus yakin dan menanamkan dalam diri kamu bahwa kamu itu spesial. Yakinlah diri kamu itu lebih dari orang lain. Kamu bisa melakukan hal-hal yang tidak bisa orang lain lakukan. Kamu adalah sosok yang selau menginspirasi orang-orang di sekitar kamu. Kamu harus yakin kamu memiliki potensi diri yang luar biasa dan terus mengembangkannya. Rasakan apa-apa saja yang ada di dalam diri kamu dan jangan ragu-ragu untuk meng-explore nya.




Third :  Jangan Pernah Takut Untuk Mencoba

Mungkin jika kamu pernah menonton film 3 Idiot kamu akan akrab dengan istilah "Life is Competitif". Saya setuju dengan istilah tersebut karena memang dari kita masih berupa sperma kita sudah bersaing dengan jutaan calon manusia dan hingga sekarang kita juga terus bersaing hingga tua nanti. Apa jadinya bila dalam hidup ini kita tidak berani mencoba suatu hal, dimana suatu hal tersebut merupakan salah satu agenda terpenting dalam menentukan massa depan kita. Sedangkan kita menyadari semua teman-teman kita semuanya berebut di depan mata kita untuk mencapai setitik kecil cahaya kesuksesan. Akankah kita hanya diam saja karena tidak berani bersaing dengan mereka? Sedangkan kita memiliki potensi yang cukup untuk bersaing bersama teman-teman kita. "DON'T BE AFRAID TO TRY IF U WANT TO SUCCESS !".  


Semua hal diatas ialah pengalaman saya sebagai orang yang pernah bangkit dari keminderan, keterpurukan hidup dibwah bayang-bayangan orang-orang yang saya kagumi dan akhirnya saya telah menemukan jati diri saya sendiri. Dan setelah saya menemukannya saya merasa saya adalah orang yang beruntung karena diberikan oleh Allah SWT dengan segala kelebihan walaupun saya masih banyak terdapat kekurangan.

Profil Impian??? Saya telah mencapai 75% profil impian saya di umur saya yang ke-20 tahun ini. Perjalanan saya masih panjang untuk meraih kesuksesan. Bagaimana dengan kamu? Sudah siapkah kamu untuk meraih profil impianmu? jika belum tidak ada kata terlambat untuk meraih kesuksesan. Yang paling penting ialah yakinlah terhadap diri kita sendiri dan jangan pernah melupakan segala sesuatu yang telah kita raih hari ini tidak pernah lepas dari takdir dan kuasa Allah SWT.

SUKKKKSSSSSEEESSSS....!!!!!!













1 komentar:

  1. In sya Allah dengan menentukan profil impian kita, kita dapat lebih mudah untuk mewujudkan apa yang kita harapkan, akan lebih fokus dalam memperjuangkannya. Tulisan yang sangat memotivasi, salam kenal yaa :-)

    BalasHapus